Sabtu, 12 Mei 2012

makalah gaya belajar

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari berbagai variabel pokok yang saling berkaitan yaitu kurikulum, guru/pendidik, pembelajaran, peserta. Dimana semua komponen ini bertujuan untuk kepentingan peserta. Berdasarkan hal tersebut pendidik dituntut harus mampu menggunakan berbagai model pembelajaran agar peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar.
Hal ini dilatar belakangi bahwa peserta didik bukan hanya sebagai objek tetapi juga merupakan subjek dalam pembelajaran. Peserta didik harus disiapkan sejak awal untuk mampu bersosialisasi dengan lingkungannya sehingga berbagai jenis model pembelajaran yang dapat digunakan oleh pendidik.
Model-model pembelajaran sosial merupakan pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan di kelas dengan melibatkan peserta didik secara penuh (student center) sehingga peserta didik memperoleh pengalaman dalam menuju kedewasaan, peserta dapat melatih kemandirian, peserta didik dapat belajar dari lingkungan kehidupannya.
B.    Rumusan Masalah
Dalam penulisan makalah ini penulis akan meruskan beberapa masalah terkait dengan gaya belajar diantaranya :
1.    apa definisi gaya pembelajaran ?
2.    apasaja macam-macam gaya belajar yang dsering di gunakan ?
3.    bagaimana peranan pendidik dalam pembelajaran ?





BAB II
PEMBAHASAN

A. Definisi Gaya pembelajaran
Gaya pembelajaran diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Jadi, sebenarnya model pembelajaran memiliki arti yang sama dengan pendekatan, strategi atau metode pembelajaran. Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai macam model pembelajaran, dari yang sederhana sampai model yang agak kompleks dan rumit karena memerlukan banyak alat bantu dalam penerapannya.
Apabila antara pendekatan, strategi, metode, teknik dan bahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran. Jadi, model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
B. Macam-Macam Gaya Pembelajan
Pendidikan adalah suatu proses pengalaman karena kehidupan adalah pertumbuhan. Pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan ialah proses menyesuaikan pada tiap-tiap fase serta menambahkan kecakapan di dalam perkembangan seseorang.
Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan bahwa ternyata kita memiliki cara belajar dan berfikir yang berbeda-beda. Kita akan merasa lebih efektif dan lebih baik dengan menggunakan lebih banyak mendengarkan, namun orang lain merasa lebih baik dengan membaca dan bahkan ada yang merasa bahwa hasilnya akan optimal jika kita belajar langsung mempraktekkan apa yang akan dipelajari. Bagaimana cara kita belajar akan sangat mempengaruhi struktur otak kita. Hal inilah yang kemudian kita kenal sebagai Learning Style (Gaya Belajar).
Dalam menyikapi berbagai macam mengenai gaya belajar, tentulah harus ditambah dengan logika dan kebudayaan cara kerja kita, dan yang paling penting dari semua diatas adalah suatu cara kerja otak kita yang mana dalam hal ini kita sebut dengan modalitas belajar. Secara singkat modalitas belajar adalah, suatu cara bagaimana otak menyerap informasi yang masuk melalui panca indera secara optimal. Di antara macam macam model atau gaya pembelajaran ialah sebagai berikut :
      a.   auditory
Orang yang memiliki gaya belajar Auditory, belajar dengan mengandalkan pendengaran untuk bisa memahami sekaligus mengingatnya. Karakteristik model belajar ini benar-benar menempatkan pendengaran sebagai alat utama untuk menyerap informasi atau pengetahuan. Artinya, untuk bisa mengingat dan memahami informasi tertentu, yang bersangkutan haruslah mendengarnya lebih dulu. Mereka yang memiliki gaya belajar ini umumnya susah menyerap secara langsung informasi dalam bentuk tulisan, selain memiliki kesulitan menulis ataupun membaca.
Beberapa ciri seorang Auditory antara lain :
o    Mampu mengingat dengan baik materi yang didiskusikan dalam kelompok
o    Mengenal banyak sekali lagu / iklan TV,
o    Suka berbicara.
o    Pada umumnya bukanlah pembaca yang baik.
o    Kurang dapat mengingat dengan baik apa yang baru saja dibacanya.
o    Kurang baik dalam mengerjakan tugas mengarang/menulis.
o    Kurang memperhatikan hal-hal baru dalam lingkungan sekitarnya.


b.    Visual
Orang yang memiliki gaya belajar Visual, belajar dengan menitikberatkan ketajaman penglihatan. Artinya, bukti-bukti konkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar mereka paham. Ciri-ciri orang yang memiliki gaya belajar visual adalah kebutuhan yang tinggi untuk melihat dan menangkap informasi secara visual sebelum mereka memahaminya.
Konkretnya, yang bersangkutan lebih mudah menangkap pelajaran lewat materi bergambar. Selain itu, mereka memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna, disamping mempunyai pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik. Hanya saja biasanya mereka memiliki kendala untuk berdialog secara langsung karena terlalu reaktif terhadap suara, sehingga sulit mengikuti anjuran secara lisan dan sering salah menginterpretasikan kata atau ucapan.
Beberapa karakteristik Visual adalah :
o    Senantiasa melihat memperhatikan gerak bibir seseorang yang berbicara kepadanya
o    Cenderung menggunakan gerakan tubuh saat mengungkapkan sesuatu
o    Kurang menyukai berbicara di depan kelompok, dan kurang menyukai untuk mendengarkan orang lain.
o    Biasanya tidak dapat mengingat informasi yang diberikan secara lisan
o    Lebih menyukai peragaan daripada penjelasan lisan
o    Biasanya orang yang Visual dapat duduk tenang di tengah situasi yang ribut/ramai tanpa merasa terganggu
c.    Reading
Orang yang memiliki gaya belajar Reading, belajar dengan menitikberatkan pada tulisan atau catatan. Karakteristik ini benar-benar menempatkan bacaan atau tulisan sebagai alat utama untuk menyerap informasi atau pengetahuan. Artinya, untuk bisa mengingat dan memahami informasi tertentu, yang bersangkutan haruslah membaca atau menuliskannya lebih dulu. Mereka yang memiliki gaya belajar ini menyukai hal-hal yang berbau teoritis dan umumnya susah menyerap secara langsung informasi dalam bentuk peragaan atau praktis.
Orang yang memiliki gaya belajar Reading biasanya memiliki karakteristik :
o    Suka membaca dan membuat catatan
o    Huruf-huruf indah dan tulisan rapi merupakan hal yang sangat berkesan bagi mereka
o    Mudah mengingat apa yang mereka baca atau tuliskan
C. Peran Pendidikan Dalam Pembelajaran
Peran pendidik dalam pembelajaran lebih banyak berperan sebagai pembimbing dan pendorong bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan pembelajaran sehingga mempengaruhi terhadap intensitas peranan pendidik dalam pembelajaran.
Pada awal pembelajaran yang di lakukan oleh pendidik sangat tinggi yaitu untuk menyajikan berbagai informasi bahan belajar, memberikan motivasi serta memberikan bimbingan kepada peserta dalam melakukan pembelajaran, tetapi makin lama makin menurun intensitas perannya digantikan oleh peran yang sangat tinggi dari peserta didik untuk berpartisipasi dalam pembelajaran secara maksimal.
Langkah-langkah yang harus ditempuh pendidik dalam membantu peserta didik untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran :
o    Membantu peserta didik dalam menyusun kelompok belajar
o    Membantu peserta didik dalam mendiagnosis kebutuhan pelajar
o    Membantu peserta didik dalam menyusun tujuan belajar
o    Membantu peserta didik dalam merancang pengalaman belajar
o    Membantu peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
model pembelajaran memiliki arti yang sama dengan pendekatan, strategi atau metode pembelajaran. Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai macam model pembelajaran, dari yang sederhana sampai model yang agak kompleks dan rumit karena memerlukan banyak alat bantu dalam penerapannya.
model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran
Di antara macam macam model atau gaya pembelajaran ialah sebagai berikut : 
o    Auditory
o    Visual
o    Reading
Langkah-langkah yang harus ditempuh pendidik dalam membantu peserta didik untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran :
o    Membantu peserta didik dalam menyusun kelompok belajar
o    Membantu peserta didik dalam mendiagnosis kebutuhan pelajar
o    Membantu peserta didik dalam menyusun tujuan belajar
o    Membantu peserta didik dalam merancang pengalaman belajar

B.    SARAN
Dalam penulisan makalah ini mungkin ada beberapa masalah atau kekurangan, ini di sebabkan karena kurangnya pengetahuan yang di miliki oleh penulis . untuk itu kami menerima kritik dan saran yang mendukung agar bias menjadi pelengkap atas kekurangan dalam penulisan makalah ini. Semoga makalah yang kami buat ini bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan juga semoga bermanfaat bagi penulis. Amin…..

DAFTAR PUSTAKA

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Maulida, Dina. 2008. Pengaruh Gaya Belajar (Visual, Auditorial,& Kinestetik)Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I Penjualan SMK Muhammadiyah 2 Malang Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Tahun Ajaran 2007/2008.
Sudjana, D. Strategi Pembelajaran. Falah Production : Bandung,2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar